pendekatan pembelajaran anak usia dini


Nama ; Widia fitri
Nim.    ;209220051
Prodi.  ; Piaud 2 B

A.Pendekatan pembelajaran anak usia dini adalah sebagai barang atau benda tiruan dari benda sesungguh nya,Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan likngkungannya"
1.Macam-macam Pendekatan Pembelajaran Anak Usia Dini
a.pembelajaran Berbasis Sentra adalah model pembelajaran yang dilakukan dalam "Lingkaran" (circle time) dan sentra bermain.
b.Sentra Bermain adalah zona atau area bermain anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat bermain, yang berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mengembangkan seluruh potensi dasar anak didik dalam berbagai aspek perkembangannya secara seimbang.
2.Pembelajaran Koperaktif adalah merupakan salah satu bentuk pembelajaran bag anak usia dini. Pembelajaran kooperatif adalah merupakan metode pembelajaran yang dalam pelaksanaanya membagi anak dalam kelompok-kelompok satu dengan yang lain bekerja sama dan berpartisipasi dalam belajar dan bertanggung jawab satu sama lain. Pembelajaran kooperatif banyak digunakan pada pembelajaran anak usia dini, karena dapat melatih kemampuan kerjasama, perkembangan sosial anak, dapat melatih rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang menjadi tugasnya, membangun kemampuan berinterkasi, berbagi ide, pendapat, mampu mengendalikan emosi, bersedia memberi dan menerima. 
3.Pembelajaran Berdasarkan Sudut Adalah Kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut kegiatan, menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang mirip dengan model pembelajaran area, karena memperhatikan minat anak.
5.Pembelajaran Bermain Peran adalah Model ini, pertama dibuat berdasarkan asumsi bahwa sangatlah mungkin menciptakan persamaan kedalam suatu situasi permasalahan kehidupan nyata. Kedua, bahwa bermain peran dapat mendorong siswa mengekspresikan perasaannya dan bahkan melepaskan. Ketiga bahwah proses psikologis melibatkan sikap, nilai, dan keyakinan (belief) kita serta mengarahkan pada kesadaran melalui keterlibatan spontan yang disertai analisis. Model ini diplopori oleh George Shaflet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hakikat pendidikan piaud

hakikat belajar anak usia dini